Sakit Flu? Lawan Dengan Makanan!

8 Aug 2009

flu-main_full

Flu adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja terutama di musim pancaroba. Memang tidak terlalu berbahaya, namun flu bisa membuat kinerja Anda menurun.

Sebenarnya flu bisa dilawan tanpa harus menyantap obat-obatan yang tidak alami. Anda bisa mendapatkannya secara alami dari bahan-bahan makanan yang mudah didapat seperti artikel yang detikhot kutip dari Health24, Jumat (24/4/2009).

Ada berbagai makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Anda tak perlu tertular flu. Misalnya menyantap jeruk, brokoli, anggur, kiwi, kol dan sebagainya. Makanan-makanan tadi mengandung vitamin C yang mengandung anti oksidan dan membantu tubuh melawan berbagai penyakit.

Bahan makanan seperti kentang dan bayam yang mengandung beta karoten juga mengandung anti oksidan yang menjaga kesehatan tubuh.

Lemak ikan dan telur yang mengandung omega 3, di dalamnya terdapat laktobasilus dan atau bifidobakterium yang meningkatkan kekebalan tubuh dengan menstimulasi tubuh untuk memproduksi substansi yang disebut cytokines. Cytokines inilah yang ikut melawan infeksi dalam tubuh.

Makanan yang mengandung organisme fermentasi seperti yoghurt juga bisa mencegah penyakit flu. Karena yoghurt mengandung banyak laktobasilus.

Selain makanan, ada perlunya juga Anda mengkonsumsi multivitamin agar menjaga tubuh tetap fit. Tubuh sehat, flu pun dapat diatasi.

flu2
TIPS SAAT TERSERANG FLU

1. Stay at home.
Beristirahatlah di rumah. Jangan bepergian karena kadang angin di luar rumah itu dapat memperparah flu.

2. Full bed rest.

Tidurlah yang cukup, ini mempercepat kesembuhan karena dengan tidur, proses kesembuhan dapat bekerja lebih cepat.

3. Berkumur dengan larutan garam
Air garam dapat membantu menghilangkan lendir yang menyumbat tenggorokan serta membantu memulihkan radang tenggorokan.

4. Minum air putih yang banyak
Air putih banyak sekali kegunaannya. Selain dapat menurunkan demam, air putih juga membantu mengganti lendir yang hilang dari hidung ketika terserang flu.

5. Menghirup uap panas
Dengan menghirup uap panas, dipercaya akan melonggarkan dan membuka saluran hidung yang tersumbat sehingga dapat melancarkan pernapasan.

6. Hindari asap rokok
Asap rokok dapat memicu flu dan memperparah pilek anda. Segera jauhkan diri dari rokok ketika terserang flu.

7. Tidak mengkonsumsi makanan yang dapat memicu radang tenggorokan
Hindari makan-makanan yang terlalu manis, pedas, dan mampu membuat tenggorokan gatal. Makan atau minum yang hangat-hangat. Hentikan mengkonsumsi coklat dan es krim selama sakit flu.

8. Minum obat
Minumlah obat flu agar mempercepat kesembuhan. Apabila sakit masih berlanjut, anda bisa menghubungi dokter terdekat.

VAKSINASI INFLUENZA, Apakah Itu?

Bersin sana, batuk sini, aduuhhh kok pada sakit flu semua sih?
Sakit flu, oleh sebagian orang sering dianggap penyakit yang biasa dan tak perlu serius diobati. Padahal penyakit ini sangat mudah dan cepat menular melalui udara maupun kontak fisik dengan si penderita. Tingkat kesadaran si penderita untuk menutup mulut/hidungnya saat flu juga tampaknya masih rendah (berdasarkan pengamatan pribadi di tempat-tempat umum seperti jalan raya, stasiun, bahkan di kantor).

Padahal influenza ini sudah ada vaksinnya lho, meski belum sepopuler vaksin untuk penyakit lainnya seperti polio, hepatitis, TBC, dsb. Kebetulan di kantorku termasuk peduli kesehatan, seluruh karyawan area Jakarta-Banten (sekitar 3000 orang) diberikan vaksinasi influenza. Nama vaksinnya adalah Vaxigrip, atau Fluarix (dua jenis vaksin yang berbeda, tapi kegunaannya sama, yaitu untuk influenza). Lumayan juga lho, masa perlindungan vaksinasi ini bisa sampai 1 tahun.


TAGS


-

Author

Follow Me